Travelling ke Jogja Dengan Bayi 1 Tahun

17 Januari 2019
Kami sampai di Bandara Adi Sucipto Jogjakarta. kami itu adalah aku, suami, dan anak kami yang berumur 1 tahun, namanya Aldan. Ini kali pertama kami bertiga pergi yang agak jauh dari biasanya.

Dari Aldan bayi umur 2 bulan kami sering sih pergi-pergi gitu, paling ya ke Mall, Surabaya, atau luar kota tapi masih area Jawa Timur entah untuk kirim barang atau ada keperluan lain. Dan ternyata hari itu sampai juga kita di Jogja.

Urusan packing dan siap-siap sebelumnya memang ruwet bin rempong, karena bawaanku banyak, suami sedikit sih, tapi keperluan anakku Aldan itu yang banyak sekali.

Kami langsung ke hotel ya, hotel yang aku booking selama 3 malam ke depan yaitu Hotel Sapta Gria, aku review sendiri ya baca : review hotel sapta gria, soalnya jarang ada yang review hotel itu padahal menurut aku sih ya lumayanlah.

aku memang memilih budget hotel, karena aku menginap selama 3 malam. Aku sebagai emak-emak yang mengeluarkan jurus penghematan ga mau dong ya mengalami pembengkakan biaya hanya karena memilih penginapan yang sesuai ekspektasi, toh kita juga ga lama-lama istirahat di hotelnya, iya kalo pasangan bulan madu gitu, pasti males kemana-mana selain kamar hotel terus, iya kan? haha. Dan kita bukan pasangan bulan madu, kita bawa anak umur 1 tahun gaes.

Sampai hotel kita ga kemana mana, soalnya hujan deras. Oh jadi hujan di kota orang rasanya lebih greget gini ya, ya soalnya berasa jauh-jauh kesini tapi ga bisa kemana mana, huhu.

18 Januari 2019
Sesudah bersiap-siap jalanlah kita, iya jalan kaki, bawa stroller ke jalanan kota jogja, pagi-pagi setengah 7 an. Dan ternyata kalo pagi dan siang itu jarang ada wisatawan yang jalan kaki, mungkin karena hotel kita ada di pusat kota, bukan tempat wisatawan seperti di daerah jalan malioboro sana.

Pertama kita menuju House Of Raminten, cari sarapan. Disana masih sepi banget, hanya ada mungkin 8 orang anak-anak muda yang juga sarapan. Padahal faktanya kalo waktu tertentu mau masuk aja harus nunggu lama banget.

Pas pertama masuk suasananya kok gini ya, bau apa ya, ini ada hiasan apa aja ya, bajunya waittressnya kok gini ya? Penuh tanya pokoknya.

Mbak-mbak dan masnya yang melayani juga dandanannya nyentrik, lucu deh. Ada nenek-nenek tua juga sedang membatik, ah aku suka batik. tapi karena kita datang terlalu pagi banyak menu yang masih kosong, jadi kita hanya pesan pecel. ohya menunya lucu-lucu banget deh. Penasaran, sama penuh tanyaku yang tadi tentang suasana, aroma, hiasan? datang aja sendiri ya kesana, hihi. Atau follow saja ig nya @houseoframinten biar lebih jelas bin lengkap.

jangan lupa foto-foto ya guys, biar apalah norak emang aku wong ndeso. Tidak afdhol kalo tidak cekrek.

Setelah itu kita jalan kaki ke Tugu Jogja, bodo amat dikira kita ga punya uang sampe ga mau nggojek, nggocar, atau ngegrab haha. Kan kita memang niat jalan kaki biar aku olah raga, biar kurusan turun berapa ons gitu.

Dan sampailah kita di Tugu Pal Putih. Ternyata Monumen Tugu Pal Putih Jogja itu ada di tengah perempatan jalan, gitu di Instagram bagus-bagus fotonya. (Ternyata kalo malem, mereka yang maniak foto foto, mereka berjejer di tengah jalan gitu gaes, di bawah tugu pas. nunggu arah jalan sepi karena lampu merah dulu dan langsung deh buat cekrek cekrek)

Aku juga pengen gitu sih, foto di bawah tugu pas, tapi inget umur, bawa anak juga. Foto dari jauh sajalah. (Aku besoknya kesini lagi pas malem. Jadi tau suasana pas malem juga, dan suasana malam harinya rame banget)

Dari tugu, kita memasuki jalan margo utomo, dan wow suasananya sudah beda. trotoarnya baguus, lampu-lampu jalan tertata indah, wah ga sabar lihat disini kalo malem pasti bagus banget. dan yang paling penting itu stroller friendly meski kadang ada mobil yang parkir sembarangan gitu. kanan kiri jalan pusat penginapan dan keramaian mulai dari hotel berbintang sampai warung-warung, mereka berdampingan dengan indah.

Kaki sudah menjerit minta waktu istirahat, dan sampailah kita di Jalan Malioboro, akhirnyaa... Disana beli beli daster, kaos kaos, baju Aldan, dan menikmati duduk di trotoarnya Malioboro yang memang disiapkan untuk wisatawan. Dan tidak afdhol kalo tidak ke Pasar Beringharjo.

Di Pasar Beringharjo sesek banget, penjualnya juga banyak banget. Aku inget PGS atau Kapasan kalo di Surabaya. Ya seperti itu hawa hawanya. Aku tak betah di dalam. Aku kembali ke area Malioboro yang menawan.

Apa hanya aku ya yang menghabiskan waktu duduk duduk sambal makan gudeg dan bakso juga mie ayam di jalanan Malioboro itu udah nikmat banget. Sampai mau ashar guys. Kita menikmati suasananya banget, ga ikut rombongan, travel atau agen perjalanan wisata jadi ya serah kita mau balik kapan.

Bawa anak umur setahun juga, jadi banyak santainya. Padahal kata orang asli jogja tuh menghindari banget jalan ini, katanya mesti macet, rame. Emang para penjualnya tertata rapi banget, trotoar stroller friendly, tempat duduk friendly, jajanan friendly. Katanya juga sih menghabiskan waktu dengan seseorang yang kita sayangi disini tuh beda gitu rasanya hehe.

Akhirnya balik hotel dengan ngegrab, tidak kuat kakiku jika harus jalan lagi kurang lebih 2,5 Km, yang kadang Aldan bosen di stroller dan minta gendong.

Malamnya, kita ke Galeria Mall, 500 Meter dari hotel, cari makan steak, dan setelah makan steak kok aku nyesel ya jauh jauh kesini makan kok steak kayak di sidoarjo/surabaya ga ada aja steak. Jadilah aku mampir di gudeg yang sebelah Noe Coffe & Kitchen, gudegnya bungkus buat makan tengah malam nanti. Dan kita ngupi-ngupi manis disana, di Noe Coffe & Kitchen sambil menikmati gerimis kota Jogja. Bakal kangen banget sama suasana ini, susah dijelaskan, namun selalu dirindukan.